13 May 2015

Cerita Seru Selama Eurotrip

Gue mau share juga pengalaman yang agak agak bikin trip kemarin jadi lebih berwarna. Tujuan sharing disini adalah biar kalo ada yang baca blog gue, bisa belajar dari pengalaman gue dan meminimalisir hal-hal yang di luar ekspektasi :

1. Tidur di Kualalumpur International Airport

Tidur di airport KLIA 1

Karena gue ngejar pesawat untuk early morning, jadilah gue berangkat ke Kuala Lumpur malem sebelumnya, terus karena males ke pusat kota, jadilah gue cuma numpang tidur aja di airport. Ini pengalaman pertama kali tidur di airport, agak ribet sih apalagi kalo sendirian.

Tapi gue cuek aja, karena ada beberapa cewe bule tidur di kursi airport juga. Namun, setelah gue menemukan tempat yang lebih sepi di depan mushola KLIA 1, gue jadi tidur disitu, geret-geret kursi biar panjang dan bisa dipake tidur. Tinggal pake penutup mata, hap! gue tidur dalam sekejap.

Tips untuk tidur di airport : bawa penutup mata, pasang alarm hp, dan yang terpenting amankan barang bawaan seperti uang, paspor dan kartu kredit di moneybelt yang dimasukin ke dalem baju kamu (kalo gue kemarin gue masukin baju dan gue tindihin moneybeltnya jadi posisinya di bagian bawah yang gak mungkin diambil orang kecuali gue berubah posisi tidur jd tengkurap), lebih aman lagi kalo kamu masukin barang bawaan ke storage baggage yang biasanya ada di airport, dengan bayar uang lebih, tidur kamu akan lebih nyaman ;)


2. Sepatu boots yang gue bawa kesempitan


Pas disini baru berasa kalo sepatunya kesempitan setelah pake kaos kaki, jadinya baru lebih enak jalannya kalo gak pake kaos kaki, walaupun keringetan gerah tapi gaya hahahha
OMG! ini big trouble karena gue akan banyak jalan selama di Eropa. Emang gue beli sepatu ukuran 37 karena ukuran 38 menurut gue kegedean, tapi gue lupa kalo mesti pake kaos kaki juga apalagi gue jalan di saat musim early spring, end of winter jadi masih lumayan dingiinn brrr.. Untungnya adalah gue bawa sepatu sneakers, jadi gue selalu bawa daypack dan nyimpen sepatu sneakers gue disitu in case gue kesakitan jalan pake boots. Tetep pake boots selain buat pengen gaya hahaha juga karena pake sneakers itu dingiiinn menusuk tulang kaki, jadi harus pake kaos kaki wool tebel biar ga dingin.

Tips bawa sepatu ke Eropa : if you are travelling on cold weather, prepare warm boots with wool dan sneaker dengan kaos kaki tebal, kalo spring atau autumn bawa at least senakers dan kaos kaki tebal plus angkle boots, kalo summer ya bawa sendal jepit dan flat shoes juga bisa, sneakers preferable sih karena kamu akan banyak jalan apalagi ditambah bawa beban backpack yang berat bisa bikin kaki cenut-cenut kalo salah bawa sepatu. Good luck!

3. Backpack Deuter 30L kekecilan untuk dibawa saat musim dingin



Ini Deuter 30L. Keliatannya emang gede dari belakang, tapi ada tulang melengkung di bagian punggung dan itu menyebabkan space di dalemnya jadi berkurang.
At least bawa 40L karena kamu akan bawa coat tebel, boots dan semua baju2 tebel. Kenapa gue bawa backpack? Karena gue mikir akan bisa lebih mobile dan fleksibel kalo bawa backpack ditambah lagi jalanan cobblestone dan metro di eropa banyak yang gak ada eskalatornya jadi harus naik turun tangga. Big no deh gotong2 koper berat sepanjang tangga. Pusing juga pas packingnya, banyak barang yang penting harus gue keluarin.

Tips bawa backpack : perhatikan bawaan yang akan kamu bawa, saran saya kalo kamu mau bawa 2 coat dan 2 sepatu (buat ganti-ganti gitu biar bisa foto OOTD, bawalah backpack 40L) tapi kalo kalo perginya gak perlu bawa coat sebenarnya bisa muat ko backpack 30Lnya. Ini khusus Deuter ya, karena sepengalaman saya waktu nyari backpack, beda merk bisa beda lagi liternya. Contohnya Deuter 30L itu lebih kecil spacenya dibanding Eager 30L, dst.

4. Hampir ketinggalan kereta ke La Spezia
Berawal dari itinerary yang belom fix karena gue gak bisa beli tiket regional secara online jadi cuma bisa beli di stasiun. Itinerary awal adalah gue mau keliling Firenze dari jam 9-12 malem, tapi too risky karena udah malem, di stasiun Firenze juga udah pada tutup dan di kota juga udah sepi. Toko-toko di Eropa biasanya tutup jam 5 sore jadi setelah jam 7 malam biasanya jalanan udah sepi. Pilihannya ada 2 : Nunggu kereta midnight – nyampe La Spezia sekitar subuh jam 4 pagi atau naik kereta yang 20 menit lagi akan jalan padahal gue belom beli tiketnya dan gue gatau linenya sebelah mana.

Akhirnya dengan spontan gue skip Firenze dan gue langsung beli tiket ke La Spezia, berharap sampai disana masih jam 12an dan masih bisa nyari hotel daripada gue harus nyampe subuh atau nginep di stasiun yang dinginnya sekitar 10 derajat hiks.

Pas beli ribet banget, gak bisa pake cash, cuma bisa pake kartu kredit. Gue masukin mastercard gak bisa dong diaaa, padahal visa gue udah tinggal dikit limitnya kepake beli tiket pesawat. Tapi akhirnya it works! Pake kartu visa.

So only 10 minutes left, setelah ngantongin tiket, gue kocar kacir nyari line tempat kereta tersebut berada.. Dimana oh dimana keretanya?? Ada sekitar 10 line, line A-J banyak banget pokoknya dan tulisannya juga ga ada yang menuju Pisa atau La Spezia. Ohiya gue beli tiket Firenze SMN – Pisa Centrale – La Spezia Centrale.

Setelah 5 menit nyari dan gak ketemu, untungnya gue ketemu bapak-bapak tua yang lagi ngerjain sesuatu (semacam tukang lagi reparasi apa gitu), gue samperin dan gue tanya kereta ke Pisa di line berapa?

5 minutes left dan sedihnya dia ga bisa bahasa inggris, gue yang frustasi cuma nyebutin “Pisa Centrale” berkali-kali sambil nunjukin tiket. Terus dia bilang AB.. Line AB maksudnya. Haaahh dan itu letaknya ada di paling ujung stasiun. Gue lari-lari kesana, lumayan di 10 derajat gue bisa keringetan hahaha. Nyampe line AB, gue ketemu petugasnya (ganteengg.. wakaka di Italy mungkin copet aja ganteng) dan gue nanya “Bener ini kereta yang ke Pisa? – ‘Iya.. tapi kamu udah stamp tiketnya belom?” – “Hah? Harus distamp ya? Belom. Ada dimana tempat stampnya?” Terus dia nunjukin ujung line AB tersebut.

Only 2 minutes left dan gue lari lagi untuk nge-stamp, untungnya di penjaga udah liat gue jadi gue berharap semoga keretanya nungguin gue, selain itu juga ada bapak-bapak paruh baya asal Amerika yang ikut nge-stamp bareng gue, dia juga gatau kalo harus ngestamp. Gue ketawa cengengesan sama dia.


Sempet-sempetnya foto tiket dulu setelah di stamp padahal lagi buru-buru hahaha. Oh iya jadi ini adalah alat buat ngestampnya ya. Warnanya hijau kayak kotak telpon, caranya masukin tiket terus geser ke kiri sampe bunyi "jeglek" gitu.

Akhirnyaaaa… Gue masuk ke dalem kereta pas kereta berbunyi uapnya, pertanda dia mau jalan. Fiuuhh masuk juga gue ke dalem, dan ternyata seatnya bebas milih yang penting kosong aja.

Sepanjang jalan gue ngobrol sama istrinya si bapak Amerika tadi yang duduknya depan gue. Dia turis juga, aslinya Iran tapi udah lama tinggal di Amerika, mereka berdua 9 hari liburan di Italy setelah sebelumnya dari Swiss. Gue salut banget sama orang tua yang tetep liburan mandiri tanpa ikut tour mewah ala orang Asia.

Si bapaknya ini lucu, no matter ini lagi musim dingin, dia tetep pake celana pendek dan kemeja Hawaii berasa mau liburan di Southeast Asia atau liburan summer hahaha. Si bapak ngobrol sama orang local Jerman dan gue sedikit-sedikit nguping yang mereka obrolin. Seru!

Tips naik kereta di Italy : Jangan mepet-mepet waktunya, at least setengah jam sebelum berangkat kamu harus udah disana karena harus nyari tau peronnya dimana (peronnya banyaakk banget) dan stasiunnya juga besar. Terus sebelum naik kereta jangan lupa nge-stamp!! Kecuali lo mau didenda puluhan euro :(

5. Ketipu di Coloseum Roma dan di depan Duomo di Milan



Saking excitednya, keluar stasiun Colloseo gue langsung sumringah menuju Coloseum, lalu di tengah jalan dicegat sama prajurit berpakaian ala Roman gtu, dia ngajak foto bareng. Gue bilang "Ini free? Bener ya ini free?" - Dia ngeles ini itu, gak jawab jelas iya atau ngga, sampe bilang mana kameranya? ayo kita foto. Setelah gue berfoto beberapa pose sama dia, dia malakin 10 euro ke gue. Gila kali ogah banget gue bayar 10 euro cuma buat foto ga penting sama dia.

Gue gamau, gue kekeuh. Dia juga kekeuh yauda 5 euro, gue tetep gamau. Gue bilang "Tadi kan gue nanya ini free, lo bilang iya. Gue gamau bayar. Mending hapus aja fotonya di kamera gue. Nih gue hapus semua"

Akhirnya dia melepaskan gue hahaha.

Tapi beda halnya dengan di depan Duomo Milan, waktu itu si negro nyamperin gue yang lagi foto-foto pake tongsis. Dia bilang "Sini mau ga gue fotoin? Kamu muslim ya? Dari Malaysia atau Indonesia?" Terus dia ngajak ngobrol segala macem. Setelah difotoin, dia makein gue gelang (tanpa gue minta dan agak maksa) dia bilang hadiah karena gue sesama muslim kayak dia. Perasaan gue gak enak. Bener kan abis itu gue disuruh bayar 10 euro lagi. Itu gelang ga bisa gue lepas, diiket mati sama dia. Gue bilang gue ga punya duit, gue mahasiswa dan backpacking kesini dengan uang pas-pasan. Akhirnya dia bilang "Yauda seikhlasnya aja deh terserah lo mau ngasih berapa", gue ngeluarin receh dari saku jeans, untung ada uang kecil, gue kasih 1 euro dan dia senyum pasrah hahaha.



6. Denda 10 Euro karena gak nge-stamp tiket di kereta ke Cinque Terre
Lagi-lagi gue gak belajar dari pengalaman hahaha. Waktu beli tiket dari Rio Maggiore mau ke Vernazza, gue gak ngestamp tiketnya, karena apa? Karena gue coba berkali-kali tetep ga bisa ke stamp. Bentuknya beda sama tiket gue ke La Spezia di atas, jadi gue ga ngerti kenapa ga bisa ke-stamp. Gue nanya sama cowok asal China yang mau ngestamp juga dan dia juga gak bisa. Jadilah gue pasrah naik kereta tanpa nge-stamp, berharap ga ada petugas yang meriksa karena sebelumnya juga ga ada petugas yang keliling.

Tapi ternyata gue lagi ga beruntung hari itu, tiba-tiba ada ibu-ibu petugas keretanya dateng dan dia nanyain tiket gue. Gue kasih, terus dia bilang “Ini belom divalidasi, kamu mestinya harus nge-stamp dulu.” – Gue bilang “Gue mau ngestamp tadi tapi gak bisa, ga ngerti kenapa”

Terus setelah debat dikit, dia bilang “Denda 10 euro” apaaaaa?? Huhuhu nangis. 10 euro kan bisa buat makan 5x, or at least 3x lah, sedih. Sebenernya dia baik, dia bilang kalo di peraturannya kalian harus bayar 50 euro, tapi karena kalian turis dan gatau jadi yauda 5 euro aja. Alhamdulillah.. dan emang di balik tiketnya tertulis peraturan bahwa tiket harus divalidasi sebelum kita naik.

Tips : Sebelum naik kereta di Italy, pastikan tiket kamu di-stamp dulu, biasanya alat stampnya ada di ujung peron. Kecuali kalo kamu booking tiket online dan nge-print tiketnya di rumah, kamu gak perlu validasi lagi di stasiun.

7. Nyasar karena ditunjukin arah sama orang mabok di Venice
Kereta dari Milan ke Venice sampai jam 11 malam. Untungnya gue udah email-emailan sama host AirB&Bnya mengenai how to get there, dia mengirimkan file dalam bentuk word jelas mulai dari airport, stasiun atau terminal ke rumahnya dia yang agak-agak mojok ngumpet.

Berdasarkan petunjuk, gue harus jalan kaki sekitar 5 menit ke arah bus stop dan naik bus dari situ. Setengah perjalanan gue ketemu orang Arab, orang local sana sih kayaknya, gue tanya bener ga bus nomor sekian lewat sini? Gue ga yakin bus masih ada karena itu udah jam 12 malem. Tapi alhamdulillahnya masih ada ternyata, jadi gue nunggu disitu dan dia dengan baik hati nungguin gue dan naik bareng ke busnya yang ternyata searah sama tujuan dia.

Terus di dalam bus, gue nanya lagi ke drivernya, tapi malah dijawab sama cowok dengan teriak-teriak, “Oh this is wrong direction. You have to turn around and take the bus in the other direction” – Mati kan. Gue salah naik bus katanya. Terus akhirnya gue turun di bus stop selanjutnya.

Setelah turun, tiba-tiba si cowo Arab ikutan turun. Terus dia ngomong ke gue “Bus lo udah bener yang itu kenapa lo malah turun? Cowo di dalem bus tadi itu mabok, makanya dia ngomong teriak-teriak gitu. Udah lo diem aja nunggu disini sampe bus selanjutnya dateng. Nih liat di petunjuknya bus lo ke arah ini kan? Nah bener jadi lo nunggu disini. Tunggu disini aja ya, percaya sama gue.. 20 menit lagi busnya dateng”

Gue bengong.. bingung. Mana yang harus gue percaya. Tapi karena ada petunjuk di bus stop itu gue jadi lebih yakin kalo gue udah di jalan yang benar, cieehh.

Terus setelah gue lama ngeliatin papan petunjuk, tiba-tiba si cowo Arab itu menghilang ke arah taman sebrang jalan. Entahlah.. kebetulan banget ketemu orang baik kayak dia.

Begitulah salah satu pelajaran yang gue dapet dari traveling :

“They Trust and don’t Always Need to be in Control”
Travelers have to rely on people they don’t know all the time. They deal with language barriers, cab drivers in strange cities and are often dependent on the kindness of strangers. Accepting the fact they can’t always be in control helps them build new relationships. They develop confidence in their ability to choose friends and acquaintances that are genuine and trustworthy.

Kesusahan ga berhenti sampe situ aja, gue masih harus jalan kaki tengah malem, mana hujan gerimis pula buat nyari AirB&Bnya. Si bus gak lewat bus stop yang deket rumah airbnb karena udah di atas jam 10, jadi drivernya bilang gue harus jalan nyebrangin jembatan sampai ke bus stop selanjutnya.

Jalan menyusuri jembatan gelap, gak ada orang dan mobil lewat. Cuma pasrah aja semoga aman dan jalannya bener. Sampai diujung jembatan, gue melihat rumah merah putih seperti yang dijelaskan di petunjuk. Ada kelegaan luar biasa saat melihat rumahnya tinggal 100 meter lagi. Akhirnya gue menuju kesana, mencet bel dan keluarlah tuan rumah airbnb gue menyambut dengan ramahnya huhuhu.

8. Hampir ketinggalan bus eurolines ke Amsterdam
Gue naik bus eurolines dari Berlin ke Amsterdam. gue udah perkirakan sekitar 1,5 jam nyampe dari hostel ke terminal bus. Gue naik metro dari stasiun deket hostel, sekitar beberapa stop tiba-tiba kereta berhenti dan semua orang turun, padahal pemberhentian tujuan gue masih beberapa stop lagi.

Bingung akhirnya gue ikutan turun. Ternyata ada perbaikan underground. Jadi gue naik ke atas (keluar dari underground metro) dan jalan kaki ke arah stop selanjutnya biar gue bisa nerusin naik metro ke terminal.

Yak lari-lari lagi karena waktu tinggal 45 menit. Pas nyampe stasiun metro selanjutnya gue bingung karena linenya banyak banget. Akhirnya ada satu cowok (muslim juga) dia nanyain ke gue “Mau kemana?” gue bilang ke terminal bus ini, stop ini. Dia bilang dia juga gatau karena dia baru disitu. Tapi dia bisa bahasa jerman dan dia nanya ke ibu-ibu yang jualan bunga di stasiun.

(Di saat genting gini gue baru nyesel kenapa gue ga refresh lagi basic bahasa jerman yang pernah gue pelajari 3 tahun di SMA huhuhu)

Dan dia nunjukin line yang seharusnya gue ambil. Oh thank God. Banyak banget pertolongan tiba-tiba yang gue dapet di saat gue lost dan bingung. Kebanyakan muslim, si Arab di Venezia dan si bule muslim di Berlin.

Akhirnya gue naik metro lagi ke terminal dan ketika sampai, harus jalan lagi agak jauh ke stasiunnya, padahal tinggal 15 menit lagi. Lari-lari sambil gendong backpack bukan hal yang mudah sist, tapi gue bersyukur gue ga bawa koper. Apa jadinya juga kalo gue lari sambil geret koper kan.

Sepanjang lari itu gue papasan sama cewe bule yang lagi lari juga ke arah terminal, pas gue tanya ternyata dia juga mau ke Amsterdam dan naik eurolines yang sama dengan gue. Akhirnya kita lari bareng sampe ke bis yang beberapa menit kemudian berangkat.

Mungkin kalo gue telat 5 menit aja sampe terminal, gue harus ngeluarin uang extra untuk beli tiket kereta ke Amsterdam. Fiuuhh.. Begitulah Jerman, mereka sangat disiplin masalah waktu.

9. Hampir gak bisa pulang ke Indonesia
Hah?? Ga bisa pulang ke Indonesia? Panik kan. Bukan, gue bukan ketinggalan pesawat kayak di Malaysia waktu itu ko hahahaha. Jadi begini ceritanya..

Tiket Garuda Indonesia gue sebenernya routenya adalah :
Kuala Lumpur – Jakarta – Amsterdam – Jakarta – Kuala Lumpur

Itu makanya gue bisa dapet murah hahaha. Mungkin si GA ini mikirnya biarlah dia ngasih harga 4,5juta asal kursi terisi penuh dengan cara ngambil penumpang dari Kualalumpur juga baru dibawa ke Jakarta.

Jadi gue check in 2 jam sebelum keberangkatan. Pada saat check in, petugasnya (cewek bule) ngecek berat backpack gue yang ternyata lebih dari 7 kg, kalo ga salah 10 kg deh saat pulang karena bawa beberapa oleh-oleh yang agak berat.

Sedangkan gue baru tau bahwa syarat cabin baggage Garuda Indonesia adalah 7kg!!!

“All passengers travelling on Garuda Indonesia flights are permitted one piece of carry-on baggage weighing a maximum of 7kg. All carry-on baggage must measure no more than 22" (56cm) in length, 18" (45cm) in width, 10" (25cm) in depth and the total of all three measurements must not exceed 45" (115cm). Carry-on baggage is carried in the passenger cabin free of charge and as such, all items are the responsibility of the passenger.”

Damn you Garuda! Gue kesel banget kenapa pelit banget sih cuma 7 kg. Padahal Air Asia Long Haul dari Korea ke Jakarta aja bisa sampe 15kg untuk free carry-on baggage. Sumpah kesel huhu. Padahal di Jakarta gak ditimbang sama sekali karena dia liat gue cuma bawa backpack gitu. Tapi di Amsterdam petugasnya gak kenal kompromi. Kzl.

Lalu apa yang gue lakukan? Nambah bagasi? No way. Bukan karena gamau nambah duit aja, tapi karena gue mau kabur saat pesawat landing di Jakarta, jadi gue ga nerusin flight ke Kuala Lumpur, sedangkan kalo tas gue masuk bagasi kan bagasinya kebawa sampe Kuala Lumpur, jadi otomatis gue ga bisa kabur hahaha.

Jadilah gue bongkar-bongkar tas di bandara, gue agak menepi ke tempat counter check in yang kosong dan mulai membongkar tas disitu. Akhirnya segala macem toiletries gue keluarin, boots gue pake dan sneakers gue masukin, coat gue pake dua-duanya di badan, baju pake dobel lagi sampe 4 lapis (sumpah gerah!).

Setelah gue keluarin barang-barang dan gue timbang di counter check in yang kosong, akhirnya tas gue 7,5 kg. Gue ga tau apalagi yang bisa gue keluarin. Akhirnya dengan licik gue naro satu kantong berisi beberapa oleh-oleh di deket counter check in kosong itu dan gue balik ke counter check in Garuda lagi untuk check in, lalu gue berencana balik lagi kesitu dan ngambil lagi barang gue.

Lalu gue balik ke counter check in GA, bagasi lolos 7kg. Terus dia nanya “Tujuannya ke Kuala Lumpur ya? Ada tiket dari Kuala Lumpur ke Indonesianya gak? Ke Jakarta atau Medan mungkin?”

“HAAAHH??” Kenapa banget dia harus nanya itu LL

Gue ngeles “Gue mau holiday lagi di Kuala Lumpur, nanti gue baru beli tiket kalo udah disana aja”

Dia jawab “Sorry, you can’t boarding. You must have a ticket flight back to Indonesia from Malaysia, because your passport is Indonesia passport.”

Apalagi ini mamaaahhh :(

Dengan lunglai gue jalan ke samping counter check in, lemes dan deg-degan.

Rencana gue untuk kabur di Jakarta ga bisa dong, gue harus tetep ke Kuala Lumpur huhu. Akhirnya gue menepi lagi, only 30 minutes left before boarding. Kebayang ga kalo gue ga bisa naik pesawat ini dan ketinggalan pesawat ke Jakarta? Ga lucu kan gue harus bayar tiket belasan juta untuk bisa pulang? What’s the point dong gue rencana budget travelling kalo ujungnya begini? Sedih. Galau.

Sambil gemeteran dan panik mau nangis, gue buka Air Asia application di hp gue, gue coba beli tiket dari Kuala Lumpur ke Medan (paling murah, Cuma Rp 250,000) pas gue mau bayar pake kartu kredit, kode konfirmasinya dikirim lewat no hp Indonesia gue yang kalo gue aktifin ya harus aktifin roaming which is bakal mahal juga.

Terus gue lari ke counter sales tiket, gue nanya “Disini bisa ga beli tiket Air Asia?” – “Gak bisa, ga ada Air Asia disini”. Huhuhu kalo naik Garuda ya mahal lagi kan.

Galau dan panik, tinggal 20 menit lagi. Tapi gue harus tetep tenang 

Gue nyoba pake kartu kredit lainnya dan akhirnya confirmed.

Terus pada saat itu juga.. Mba petugasnya nyamperin gue “Hi, you can boarding now. You don’t have time to buy ticket now. You can go to Jakarta, with you baggage as well. We will cancel your flight to Kuala Lumpur.”

KENAPA GAK DARITADI SIH MBAKNYA????

“Oh thank you.. but I already bought ticket from Kuala Lumpur to Indonesia.”
(dengan ekspresi muka bingung)

“Can you cancel the booking? Or refund?”

“I don’t know. Hope so”

Dia menjelaskan bahwa dia kasian ngeliat gue “try hard for buying ticket” hahaha. Mungkin muka gue udah melas banget kali ya, sambil panik gitu.

Lalu check-in lah gue.. Tinggal 15 menit lagi sebelum pesawat boarding!

Dimulai lah lari-lari ngejar pesawat sekarang. Nyampe counter imigrasi ternyata ngantri. Hah stress, tapi gimana lagi pasrah, ga mungkin kan nyerobot. 5 menit terbuang di counter imigrasi.

5 menit lagi, gue lari sprint ke boarding gate. Jauh banget pula nyet huhu. Gue harus lari bawa backpack dan pake boots di lantai bandara yang licin.

Lalu sampailah gue di boarding gate, masih harus dicek lagi aja loh barang bawaan gue.. Oh Amsterdam Schipol… Tas gue kena screening, dibongkar lagi. Buset deh gue ga bawa ganja ko Pak..

Begini percakapan gue sama si Bapak :
“What is this? Ohh souvenir from Rome? You went to Colloseum? Oke. Venice, Vienna, Prague.. Wow you’ve been traveled to many cities? For how long?”

Yah pokonya begitulah, gue jawab seadanya sambil senyam-senyum aja, capek. Dia mupeng sama gue karena gue abis jalan keliling Eropa hahaha. Akhirnya emang ga ada apa-apa di tas gue, jadilah gue lolos.

Dan ternyata pesawatnya delay….

Krik krik.

YAUDALAH GPP YANG PENTING GUE BISA SAMPE RUMAH….

ALHAMDULILLAH, pelajaran lainnya yang gue dapet..


"They Know how to Manage their Emotions"

Frequent travelers experience varying levels of stress routinely; tight flight connections, interrogations by border guards, and rude hotel staff can all cause ones nerves to fray. Travelers hone the ability to manage emotions and remain calm under pressure developing keen self-awareness. Being self-aware increases productivity and helps people find what makes them happy in life, the ultimate success.

Sekian cerita gue hahaha lucu, seru, menegangkan…

0 comments:

Post a Comment